Peta Hari Tanpa Hujan Terkini

Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut - Turut Update 10 Juni, 20 Juni Dan 30 Juni 2018

 

Hari Tanpa Hujan berturut-turut pada bulan Juni 2018 bervariasi dari kriteria Masih Ada Hujan hingga Kekeringan Ekstrim. Pada dasarian I Juni 2018 hujan berkurang hampir di seluruh wilayah Bali, sehingga titik Hari Tanpa Hujan dengan kriteria Menengah (11 - 20 Hari Tanpa Hujan) terlihat mendominasi. Terdapat 14 titik pos hujan dengan kriteria Sangat Panjang (31 - 60 Hari Tanpa Hujan), yaitu di pos hujan Kubutambahan (Kubutambahan), Bondalem (Tejakula), Tuban (Kuta), Pecatu (Kuta Selatan), Padang Sumbu (Denpasar Barat), Sampalan dan Prapat (Nusa Penida), Kintamani, Toya Bungkah, Penelokan dan Trunyan (Kintamani), Abang (Abang), Sukadana dan Tulamben (Kubu). Bahkan terdapat 7 titik pos hujan yang muncul dengan kriteria Kekeringan Ekstrim (lebih dari 60 Hari Tanpa Hujan) yaitu di pos Sumber Klampok (Gerokgak), Tejakula dan Sambirenteng (Tejakula), Beraban (Kediri), Kemenuh (Sukawati), Klumpu (Nusa Penida), Tianyar (Kubu).

 

Pada dasarian II Juni 2018, hujan sempat turun hampir diseluruh wilayah Bali khususnya di Bali bagian tengah dan selatan. Hal ini menyebabkan titik pos hujan dengan kriteria Masih Ada Hujan terlihat masih mendominasi. Namun masih terdapat 12 titik pos hujan dengan kriteria Sangat Panjang (31 - 60 Hari Tanpa Hujan) yaitu di pos Tukad Mungga (Buleleng), Pucak Sari (Busungbiu), Gerokgak dan Banyupoh (Gerokgak), Kubutambahan dan Bengkala (Kubutambahan), Kloncing (Sawan), Bondalem (Tejakula), Sumerta (Denpasar Timur), Kahang-kahang (Abang), Kubu dan Tulamben (Kubu). Bahkan masih ada 5 titik pos hujan yang muncul dengan kriteria Kekeringan Ekstrim (lebih dari 60 Hari Tanpa Hujan) yaitu di pos Tejakula dan Sambirenteng (Tejakula), Ponggang (Payangan), Toya Bungkah (Kintamani), Sukadana (Kubu).

 

Pada dasarian III di bulan Juni 2018, hujan sempat turun kembali hampir di seluruh wilayah Bali, yang menyebabkan titik pos hujan dengan kriteria Sangat Pendek (1 – 5 Hari Tanpa Hujan)  terlihat mendominasi. Namun masih terlihat ada 2 titik pos hujan dengan kriteria Sangat Panjang (31 - 60 Hari Tanpa Hujan) yaitu di pos Banyupoh (Gerokgak) dan Kubu (Kubu). Bahkan masih terdapat 5 titik pos hujan yang muncul dengan kriteria Kekeringan Ekstrim (lebih dari 60 Hari Tanpa Hujan) yaitu di pos Kubutambahan (Kubutambahan), Tejakula dan Sambirenteng (Tejakula), Tianyar dan Tulamben (Kubu).